Liburan Murah by Piranti
Telepon : 62 21-794 8626 / 22708300

Kisah Awal Chairul Tanjung Menjalankan Bisnisnya

Tentu anda tidak asing lagi dengan pengusaha sukses yang satu ini. Bagaimana tidak, nama Chairul Tanjung akhir-akhir ini banyak diperbincangkan.  Ia memulai bisnisnya semata-mata karena usaha sendiri. Ia telah melalui berbagai tantangan dan rintangan yang dihadapi. Maka dari itu usaha Chairul Tanjung ini sangatlah layak untuk diberi apresiasi. Bagaimana kisahnya menjalankan bisnis? Berikut ini adalah ulasannya

Kisah Chairul Tanjung Menjalankan Bisnisnya

1. Bermula Dari Usaha Fotocopy Saat Kuliah

Kisah Chairul Tanjung menjalankan bisnisnya bermula dari usaha fotocopy saat kuliah. Pada saat memasuki bangku kuliah, Ia berfikir bahwa ia harus bekerja keras untuk membiayai kuliahnya. Ia tidak ingin membebani orang tua untuk membiayai kuliahnya.

Dan pada akhirnya, Ia bekerja sama dengan pemilik fotocopy kenalannya. Dalam setiap lembarnya Ia  mendapatkan keuntungan sebesar Rp 25. Dan pada saat itu, Ia mendapatkan orderan dari teman kuliahnya bahkan juga dari dosennya. Hingga pada akhirnya Chairul Tanjung dapat keuntungan sebesar Rp 15000.

2. Membuka Usaha Toko Peralatan Kedokteran

Bukan Chairul Tanjung namanya jika ia tidak berusaha dengan keras. Dari keuntungan sebesar Rp 15000 ini Ia terus memutar modalnya. Hingga pada akhirnya, Ia memiliki ide untuk membuka toko peralatan kedokteran. Beliau membuka toko peralatan kedokteran ini, karena Ia sendiri pada saat berkuliah ia mengambil jurusan kedokteran gigi di Universitas Indonesia.

Ia melihat situasi mahasiswanya yang kesulitan mencari bahan-bahan praktek kedokteran. Hingga hal ini mendorong Chairul Tanjung untuk membuka toko peralatan kedokteran yang mempermudah mahasiswanya. Namun pada akhirnya bisnis toko kedokteran yang telah dirintisnya bangkrut.

3. Berbisnis Dengan Rekannya

Kemampuan bisnis Chairul Tanjung memang tidak perlu diragukan lagi. Banyak sekali pengalaman bisnis yang dimilikinya. Setelah membuka bisnis toko peralatan kedokteran yang telah bangkrut, Ia  membuka bisnis bersama ketiga rekannya yang bisnis tersebut diberi nama PT Pariati Shindautama. PT Pariati Shindautama ini merupakan sebuah bisnis yang memproduksi sepatu anak.

Modal untuk membangun bisnis PT Pariati Shindautama ini berasal dari pinjaman Bank Exim sebesar Rp 150 juta. Dan bisnis ini sangat sukses setelah mendapatkan orderan 160 ribu pasang sepatu anak. Tidak main-main, 160 ribu pasang sepatu anak tersebut berasal dari negara Italia.

4. Mencoba Untuk Melakukan Bisnis Sendiri

Kisah Chairul Tanjung dalam menjalankan bisnisnya pun berlanjut. Setelah lama bekerja sama dengan rekannya membangun bisnis, Ia memutuskan untuk keluar dari bisnis yang dirintis bersama rekannya. Kemudian ia memutuskan untuk membuka bisnis secara sendirian. Dan dari sinilah awal Ia mengalami kesuksesan.

Chairul Tanjung menjalankan bisnisnya dalam berbagai bidang. Yaitu bidang keuangan, properti dan multimedia. Di bidang multimedia ia berhasil mendirkan Trans TV yang saat ini merupakan chanel TV yang sangat terkenal. Di bidang keuangan Ia mengambil alih bank Mega dan pada bidang properti Ia mendirikan bandung supermall.

Itulah berbagai kisah Chairul Tanjung menjalankan bisnisnya. Mulai berawal dari membuka usaha fotocopy hingga menjadi konglomerat seperti sekarang ini. Tentunya hal tersebut dilakukan dengan penuh perjuangan dan kerja keras. Semoga kisahnya menjalankan bisnis dapat menginspirasi anda.

About the Author

Leave a Reply

*

WhatsApp chat